Awas, Ponsel Picu Tubuh Membungkuk Tubuh selalu akan beradaptasi dengan kebiasaan seseorang.Awas, Ponsel Picu Tubuh Membungkuk Tubuh selalu akan beradaptasi dengan kebiasaan seseorang.

–  Ponsel pintar bisa membuat Anda berjam-jam menundukkan kepala dan fokus mengutak-atiknya. Termasuk juga laptop dan teknologi lain. Tahukah Anda kalau kebiasaan ini bisa membuat tubuh menjadi bungku?

Menurut Kirsten Lord, kepala Edinburgh Physiotherapy Centre, Inggris dan seorang fisioterapis, teknologi bisa meningkatkan risiko terjadinya bungkuk. Hal ini karena tubuh akan beradaptasi dengan kebiasaan seseorang.

“Jika Anda terus menerus melihat ke bawah, bisa memicu lengkungan di area sekitar tulang belakang. Bahu akan ke depan dan menjadi lebih bulat. Saat berdiri dan memanjangkan leher dengan melihat ke depan, mungkin terasa abnormal. Otot-otot pun jadi lebih pendek karena kurang digunakan,” kata Lord, seperti dikutip dari Daily Mail.

Ia juga mengungkap, sebagai fisioterapis, sering kali mendengar keluhan seputar nyeri pada punggung bawah. Tetapi selama lima tahun terakhir, keluhan yang juga banyak diungkapkan pasiennya adalah rasa nyeri dan pegal pada leher.

Lord secara yakin mengungkapkan hal ini karena penggunaan teknologi. Sebelumnya telah diketahui kalau penggunaan komputer bisa berpengaruh buruk pada postur tubuh.

“Duduk di depan layar komputer selama berjam-jam mengencangkan tulang belakang bagian tengah. Ini berarti, fleksibilitas yang lebih sedikit dan menimbulkan ketegangan yang berbahaya secara terus-menerus,” kata Lord

Selain itu, ada tulang rusuk juga berhubungan dengan tulang belakang. Ketegangan dan kekakuan di area  ini membuat seseorang lebih sulit untuk mengambil napas secara dalam. Jadi, penggunaan teknologi secara terus- menerus bukan hanya meningkatkan paparan radiasi, memicu mata lelah, tetapi juga bisa membuat tubuh bungkuk dan sulit bernapas.

“Tidak mungkin untuk menganjurkan orang untuk berhenti menggunakan teknologi. Tetapi, cobalah untuk menggunakannya dalam posisi yang baik dan benar. Sediakan waktu untuk istirahat agar tubuh dan otot bisa bekerja secara normal,” kata Lord.

Ia menyarankan untuk secara teratur melihat ke depan dengan mengangkat kepala. Termasuk melengkungkan tubuh ke belakang, setelah Anda duduk di depan komputer seharian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: